Tingkatkan Kemampuan Bahasa, Prodi S1 Sastra Jepang Undang Shigemura Yomiko dari Japan Foundation

Setiap tahun Prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas selalu mengadakan seminar nasional. Kali ini Prodi Sastra Jepang mengadakan seminar dan workshop  nasional yang bekerjasama dengan Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang (ASPBJI) korwil Sumatra Barat. Seminar dan workshop kali ini menghadirkan pembicara utama dari Japan Foundation, yaitu Shigemura Yomiko sensei, dan ditemani Imelda Indah Lestari, M.Hum, dosen Prodi Sastra Jepang, FIB—Unand.

Seminar dan workshop ini dibuka Dekan FIB Unand yang diwakili Wakil Dekan II, Lady Diana Yusri, M.Hum  Acara kemudian secara seremonial ditutup Kaprodi Sastra Jepang, Dr. Rima Devi, M.si.

Seminar dan Workshop sendiri diadakan satu hari penuh, Rabu, 2 November 2022. Tema acara kali ini adalah “Case Based Method (CBM) dan Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Budaya Jepang”. Selain kedua pembicara utama di atas, seminar dan workshop juga menampilkan pemakalah lain sebanyak 12 orang.

Seminar dan workshop dihadiri para anggota ASPBJI korwil Sumatra Barat, dosen dari berbagai kampus di luar Unand, seperti UBH, UNP, dan para guru MGMP Bahasa Jepang se-Sumatra Barat. Selain kalangan akademisi, acara juga diikuti para mahasiswa Sastra Jepang dari luar, yakni UNP, dan Univ. Bung Hatta.

Shigemura Yomiko sendiri saat memaparkan materi presentasinya memberikan semacam pengalaman dalam mempelajari Bahasa Jepang. Sebagai guru ia tahu betul bagaimana tindakan yang akan diberikan seorang pendidik dan bagai mana pula tindakan yang harus dilakukan oleh pembelajar demi tercapainya materi yang diinginkan. Menurut Yomiko, pembelajar juga mesti mempunyai upaya memahami materi sebelum memasuki pelajaran tersebut.

Acara berjalan santai dan menyenangkan peserta. Tampak para peserta dosen dan mahasiswa antusias bertanya pada narasumber. Seminar dan workshop dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama adalah bagian pembuka dengan pembicara utama. Sesi kedua presentasi para pemakalah undangan.

Kegiatan kali ini tak semata mendiskusikan tema yang telah dirancang panitia. Setelah selesai seminar dan workshop, para peserta kemudian melanjutkan dengan acara Pemilihan Ketua ASPBJI untuk Wilayah Sumatera Barat. Adrianis/ ktid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *