Tim PKM Membantu Nagari Membangun Beri Pelatihan Bantu Pemuda/i Jorong Kuok III Koto, Matua Mudiak, Bentuk Pokdarwis

Padang, Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Membantu Nagari Membangun kembali adakan latihan pada para pemuda-pemudi di Jorong Kuok III Koto, Nagari Matua Mudiak, Kec. Matur, Agam, Sabtu-Minggu lalu (5-6/11). Pelatihan kali ini memberikan dasar-dasar pemahaman sejarah terapan, dan perencanaan pengembangan wisata berbasis sejarah kampung.

Kegiatan diadakan di rumah salah seorang warga jorongng, Dusun Pulai. Pada kegiatan kali ini tim juga mendiskusikan rencana pengembangan kelompok.

“Kami tentu tidak puas dengan apa yang telah dilakukan selama selang waktu 1-2 tahun belakangan”, sebut ketua tim Yudhi Andoni. Ia bersama anggota lainnya Alex Darmawan menjelaskan dalam pelatihan ini juga disampaikan dorongan untuk mengembangkan forum pemuda ini menjadi sebuah Kelompok Sadar Wisata.

“Alhamdulillah, kita sudah sepakat membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kuok III Koto,” sambung Febri Sasa Milla yang disepakati sebagai ketua Pokdarwis.

Agenda setelah pelatihan ini adalah pembinaan dan pendampingan nantinya dalam hal pengajuan SK ke Wali Nagari, Pembinaan terkait AD/ART Pokdarwis. Sementara tim juga akan mendapingi kegiatan berupa: Pembuatan brosur wisata, pembuatan peta wisata nagari, pembuatan buku panduan wisata, bentuk paket wisata yang dibuat.

“Kegiatan paling besar yang akan dilakukan Pokdarwis itu nanti adalah membuat semacam Pilot project Wisata berupa mengundang tamu undangan pada pertengahan Desember nanti, yang disamakan waktunya dengan festival Kampia sebagai bentuk peluncuran Jorong Wisata,” tutup Andoni yang diamini Febri. (ktid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *