Prodi S1 Sastra Jepang Unand Kenalkan Budaya Jepang ke INS Kayutanam

Adrianis

(Dosen Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas)

Dosen Sastra Jepang Unand berserta mahasiswa mengadakan pengabdian masyarakat di INS Kayu Tanam, Sabtu (18/12). Pengabdian bertujuan pada siswa-siswi SMP dan SMA yang tinggal di asrama INS Kayutanam tersebut. Adapun tujuan dari pengabdian para dosen dan mahasiswa FIB Sastra Jepang Unand adalah memperkenalkan budaya Jepang dengan tema Meningkatkan dan berkreatifitas dengan budaya Tradisional.

Para dosen ini mengadakan pengabdian selama dua hari. Acara pembukaan oleh pembina Himpunan Mahasiswa (Hima) Unand, yakni Ibu Adrianis, M.A. Kegiatan pengabdian ini menghadirkan sebanyak 150 orang mahasiswa Sastra Jepang. Pengabdian kali ini bersamaan dengan kegiatan mahasiswa berupa PMSJ (Pengabdian Masyarakat Sastra Jepang).

Kenalkan Kimono dan Yukata

Kegiatan pengabdian mulai dengan memperkenalkan kebudayaan Jepang melalui cara pemakai Kimono dan Yukata, yaitu baju tradisional masyarakat Jepang. Para dosen dan mahasiswa Sastra Jepang mengajarkan siswa-siswi SMP dan SMA INS Kayutanam secara langsung bagaimana cara memakai baju Kimono dan Yukata. Baik kimono untuk anak laki-laki maupun anak perempuan. Semua siswa siswa yang yang ada di asrama INS Kayutanam tersebut sangat senang dengan pemakaian Yukata dan Kimono tersebut. Selanjutnya dosen dan mahasiswa Sastra Jepang juga mengajarkan bagaimana cara tata jalan saat menggunakan baju tersebut.

Selain memperkenalkan baju tradisional Jepang, mahasiswa juga mengajarkan cara membuat makanan Jepang. Makanannya tentu yang sudah sesuai dengan cita rasa orang Indonesia. Mereka belajar membuat makanan Jepang Tokoyaki dan Onirigi. Tokoyaki merupakan masakan dengan bentuk bola berisi sosis, telur, dan bakso dengan toping saus sambal. Sedang Onogiri merupakan nasi kepal berbentuk panjang, berbungkus rumput laut kering.

Semua siswa-siswi yang yang ada di asrama INS Kayutanam tersebut sangat senang dengan pemakaian Yukata dan Kimono tersebut.

Kegiatan PMSJ ini usai pada hari kedua tanggal 19 Desember 2021, Minggu, jam 4 sore. Ketua Jurusan dan WD 2, yaitu ibu Dr. Rima Devi, M.Si dan ibu Lady Diana Yusri , M.Hum menutup acara hari kedua ini. Selama kegiatan berlangsung, hadir Bapak Dafrudin yang merupakan Kasubag FIB Universitas Andalas. Kegiatan tahun ini telah berjalan dengan lancar dan sukses. (ed.ya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *