Panen Rawit Jaman Now

RENTI
(Kader PKM LPPM Unand 2021)
Editor: Yudhi Andoni

kato.id

Hai gaes…! Rawit merupakan satu jenis tanaman yang digemari masyarakat Jorong Kuok III Koto saat ini untuk ditanami. Pada umumnya setiap warga memiliki ladang rawit ini kini. Mereka sangat senang menanam rawit tersebab di samping harganya yang stabil bila dipasarkan, pemeliharaannya pun relatif mudah.

Siang ini berteman sinar mentari yang menyapa hangat, terlihat Ibu Yuhaimi sudah berada di ladang kesayangannya. Terlihat batang cabe rawit menari-nari menyambutnya riang. Ditemani suami tercinta dan anak-anak mereka yang terlihat ceria menemani sang ibu. Mereka memetik rawit dengan asyik sesekali sembari bercanda.


Rawit-rawit mereka tampak segar dan sehat, itu artinya siap untuk dipanen. Panen rawit adalah masa-masa yang paling ditunggu para petani di Jorong Kuok III Koto. Mereka pagi-pagi sekali telah pergi ke ladang dan dengan cekatan tangan-tangan mereka memetik rawit dengan hati-hati dan terampil.

Tapi kalau diperhatikan baik-baik, dengan luasnya ladang rawit dan jumlah rawitnya yang banyak, para petani Jorong Kuok III Koto kini lebih banyak ke ladang membawa kursi. Jadi mereka ke ladang rawit, memetik buah demi buah dengan santai, dan sembari bercanda serta bergurau mereka duduk asyik di atas kursi plastik yang mereka bawa.

Terlihat di ladang Ibu Yuhaimi beberapa orang memetik rawit yang sedang lebat sembari duduk di atas kursi plastik. Ini pasti asyik ya kan gaes…


Wow…inilah gaes…cara panen rawit jaman now. Gak perlu lagi capek-capek berdiri seharian. Buah cabe yang lebat dan subur seakan menyemangati Ibu Yuhaimi bekerja sambil bersenda gurau dengan anak dan suaminya di atas kursi plastik mereka.


Semoga…mudah-mudahan akan menjadi contoh juga bagi petani lainnya untuk lebih santai dan tidak terlalu capek dalam memanen hasil ladang mereka. Iya nggak…?? iya nggak…?? ya iyalah…gaes…(Ed. YA).

One thought on “Panen Rawit Jaman Now

  1. Mantap👍….semoga masih ada ide2 yg bermanfaat dan semoga petani2 yg lain nya juga bisa meniru.
    Dan tunggu ide2 kreatif yg bermanfaat di episode selanjut nya🤣🤣🤣💪

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *