KKN UNAND Meriahkan Jalan Santai di Kecamatan Padang Ganting dalam Peringatan HUT RI ke 77

Sri Wulandari

Kuliah Kerja Nyata atau KKN adalah bentuk integrasi antara lembaga pendidikan kepada masyarakat. Mahasiswa sebagai target program KKN ini, diharapkan mampu membantu progam pemerintah yang sedang atau akan dilaksanakan di tempat atau dimana mereka ditempati.  Program KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian seorang mahasiswa kepada masyarakat setelah menimba ilmu pada bangku perkuliahan.

Pada tahun ini,  Universitas Andalas menugaskan 25 orang mahasiswa ke Nagari Padangganting, Kecamatan Padangganting, Kabupaten Tanah Datar untuk melaksanakan KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata – Pemberdayaan Pembelajaram Masyarakat). Program ini adalah wujud pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi mahasiswa Universitas Andalas, terkhusus pada Nagari Padang Ganting.

Salah satu kegiatan mahasiswa KKN-PPM bertepatan dengan menjelang peringatan HUT RI yang ke-77 tahun. Mahasiswa membantu persiapan dan memeriahkan berbagai acara yang Pemerintah Kecamatan Padangganting adakan.

Agenda kegiatan bermulai pada tanggal 13 Agustus 2022, dengan kegiatan gerak jalan santai se-Kecamatan Padangganting. Gerak jalan santai ini berhasil menarik atensi  lebih dari 2500 peserta. Para peserta terdiri dari komponen siswa TK, SD, SMP/MTs,SMA/MA, ASN, guru, dan masyarakat setempat.

Pemerintah Kecamatan Padangganting mendukung secara penuh kegiatan gerak jalan santai ini dengan memberikan berbagai doorprize yang menarik. salah satu bentuk dukungan adalah pemberian doorprize dari pemerintah kecamatan. Oleh karena itu, pemberian doorprize ini langsung oleh Camat Padangganting sebagai bentuk apresiasi kepada peserta gerak jalan.

Antusias

Acara puncak dari peringatan HUT RI ke-77  tahun ini adalah pengibaran Bendera Merah Putih bertempat pada lapangam sepak bola Jorong Kotogadang-Hilir. Kegiatan mengikutkan segenap seluruh siswa, ASN, mahasiswa, dan masyarakat. Tampak para peserta sangat antusias.

Antusiasme masyarakat dalam peringatan HUT RI ke 77 ini merupakan wujud dari tema HUT RI tahun ini, yaitu PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT. Tema ini sangat memotivasi masyarakat Kecamatan Padangganting untuk pulih dan bangkit kembali setelah melewati era Pandemi Covid-19.

Dengan adanya kontribusi mahasiswa KKN memeriahkan HUT RI ke-77. Universitas Andalas berharap hubungan silaturrahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat Padangganting terus terjalin erat pada masa datang. KKN dan keterlibatan aktif mahasiswa merupakan salah satu tujuan penting Universitas Andalas menyebar mahasiswanya untuk mendapatkan ilmu, sekaligus membantu masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *