KKN Mahasiswa Unand Dimulai!

kato.id/19 Juli 2023. Mahasiswa Unand setiap tahun melaksanakan KKN yang merupakan mata kuliah wajib universitas. Pada tahun ini, 2023, mahasiswa Universitas Andalas dari berbagai Program Studi (Prodi) akan melaksanakan KKN, salah satunya di Kabupaten Pesisirselatan, tepatnya di Kecamatan IV Jurai.

Mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di tempat ini banyaknya lebih kurang 100 orang mahasiswa. Mereka terbagi atas 5 nagari, yaitu Nagari Tambang, Nagari Painantimur, Nagari Ampangtareh, Nagari Batukunik Lumpo, dan Nagari Limau Gadang.

Setiap nagari dibimbing satu orang dosen yang disebut sebagai DPL KKN. Pelaksanaan KKN tahun ini dilaksanakan selama 40 hari.

Pada tanggal 11 Juli 2023 mahasiswa dan kelima DPL untuk Kecamatan IV Jurai melaksanakan pengataran mahasisiwa untuk diserahkan ke masing masing nagari. Sebelum penyerahan ke nagari, para DPL pertama kali menyerahkan mahasiswa  ke kantor camat. Acara penyerahan ini dilakukan di kantor camat IV Jurai, bertempat di Salido, Kec. IV Jurai.

Acara penyerahan mahasiswa KKN sendiri dilaksanakan di kantor Camat IV Jurai pada 10.00 WIB. Penyerahan mahasiswa KKN disambut Camat IV Jurai, Ferro Yuandha Putri, S.STP. Acara penyerahan ini juga dihadiri Kapolsek, Edy Roszal.

Sementara dari pihak Unand, penyerahan mahasiswa diwakili Benny Hidayat yang menjadi coordinator DPL untuk lima nagari. Setelah penyerahan para DPL pun menyerahkan mahasiswa bimbingan mereka ke kantor wali nagari masing masing.

Penyerahan mahasiswa KKN di Nagari Painan Timur Painan dilaksanakan di kantor wali nagari. DPL dan mahasiswa disambut Wali Nagari, Hendra Ardison Candra, serta 10 staf dari wali nagari. Sementara penyerahan mahasiswa ke Nagari Painan Timur, Painan ini dilakukan Adrianis, dengan ketua mahasiswa KKN Chairil Fikri.

Adrianis menyerahkan mahasiswa sebanyak 24 orang mahasiswa, yang terdiri atas 10 laki-laki, dan 14 orang perempuan. Wali Nagari sendiri telah menyiapkan tempat tinggal mahasisiwa sebanyak dua buah rumah. Adapun untuk laki laki mereka ditempatkan di Kampungtengah, dan sementara perempuan di Gangkando Marajo.

Adrianis menyebutkan pada saat penyerahan mahasiswa, mereka juga menyampaikan rencana proker yang akan dilakasanakan secara garis besar. Rencana itu langsung disampaikan ke jajaran kenagarian Painan Timur, Painan.

Program yang akan diajukan diantaranya pencegahan dan pengurangan angka Stunting, pengembangan produk UMKM lokal, mitigasi bencana, sosialisasi pengolahan limbah, dan banyak lagi. (Adrianis/ katoid).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *