Assalam Dharmasraya Adakan Gerakan Serentak Ngaji 30 Jus (GSN30J) Sambut Akhir Tahun

kato.id. Sebagai pemuda/i Islam sudah berkewajiban memperkuat aqidah Islamiyah, sebagai refleksi atas gencarnya tekanan globalisasi dan kehidupan sosial yang merusak moral. Hal ini yang coba digalakan siswa-siswi yang tergabung dalam Assalam dengan melakukan Gerakan Serentak Ngaji 30 Jus (GSN30J).

Kegiatan GSN30J sudah rutin diadakan setiap pergantian tahun oleh Asosiasi Pelajar Islam Sumatera Barat (Assalam Sumbar). Kegiatan ini mereka adakan serentak di 14 kabupaten/kota pada setiap 31 Desember.

Tahun ini GSN30J diadakan serentak, seperti di Kota Solok, Kab. Solok, Solok Selatan, Kab. Sijunjung, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Pasaman Barat, Dharmasraya, Agam, Pesisirselatan, Padang, Payakumbuh, 50 Kota, Tanahdatar, dan Bukittinggi.

Kegiatan GSN30J sendiri di Kabupaten Dharmasraya, bertempat di SMA Negeri 1 Sikabau, Sabtu/31 Desember 2022, dimulai jam 08.00 wib. Pembacaan ayat suci Al Quran sendiri dilakukan dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang.

Kegiatan dibuka dengan protokoler, dan dilanjutkan tilawah bersama dengan 1 orang 1 juz. Selain itu GSN30J juga diisi dengan pemberian materi dari alumni Assalam Dharmasraya. Setelah kegiatan Ishoma, acara kemudian dilanjutkan dengan ice breaking, outbond, penulisan resolusi 2023 oleh para siswa, dan terakhir penutupan.

Meriah

Pada kegiatan GSN30J akhir 2022 kali ini sangat meriah. Tampak antusias para siswa di SMA 1 Sikabau dan beberapa sekolah lainnya mengikuti kegiatan. Menurut panitia dan guru, biasanya kegiatan ini diadakan malam hari melalui program Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa) yang mengambil jadwal di pergantian hari dari tanggal 31 Desember-1 Januari.

Mabit sendiri ditujukan untuk mengurangi para siswa-siswi berkeliaran pada malam tahun baru, sehingga dengan kegiatan peningkatan iman dan takwa tersebut mereka dapat belajar mengendalikan diri, seiring penguatan identitas sebagai pemuda-pemudi Muslim sejati.

Namun pada akhir tahun lalu (2022) Mabit digantikan dengan GSN30J berupa kegiatan mengaji bersama dari pagi hingga sore, dan malamnya dilanjutkan Muhasabah yang diberikan Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Barat.

Uniknya GSN30J sangat berbeda di Dharmasraya sekarang ini, dari pagi hingga petang agendanya mengaji 30 juz bersama sama, dan malam hari agendanya muhasabah.

Selain para siswa/I SMA 1 Sikabau, para guru juga sangat antusias dengan kegiatan Assalam DPD Dharmasraya. Saya berharap kegiatan ini bisa masuk berita untuk mem-booming-kan kegiatan kegiatan islami di Sumatera Barat khususnya di Dharmasraya, sebut salah seorang guru.

Ikhsan Pirmansyah (Ketua Assalam Dharmasraya)

Komitmen dakwah

“Ananda Assalam DPD Dharmasraya harus siap eksis mengajak kebaikan kepada teman teman di sekolah serta berkomitmen untuk ikut andil dalam jalan dakwah sekolah ini. Yakinlah Ananda semua akan menjadi generasi sukses di beberapa tahun yang akan datang.

Mungkin nanti akan ada yang menjadi Camat, Bupati, Gubernur. Tetap jaga iman, jaga imun, serta tetap istiqomah dalam sebuah pejuang kebaikan.” Ungkap umi Dessy Irawati,S.Pd ASN di SMA Negeri 1 Pulau Punjung yang mengajar mata pelajaran fisika.

Selain itu, Ikhsan Pirmansyah selaku Ketua Umum Assalam Dharmasraya menyampaikan pada kawan-kawannya pada kesempatan GSN30J di SMA 1 Sikabau.

“Antum-antum semua orang pilihan. Pada saat teman teman yang lain berlibur, jalan jalan, menikmati liburannya, namun antum semua pergi mengaji. Jadi jangan sedih!

Hari ini kita dipilih Allah untuk mengakhiri tahun dengan kebaikan, dengan Al-quran.” Tutup Pirmansyah yang juga siswa SMA Negeri 1 Timpeh. (Ikhsan Pirmansyah/ktid).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *