Kegiatan Keagamaan di Jorong Kuok III Koto, Nagari Matua Mudiak, Kec. Matur, Agam

Kegiatan keagamaan adalah bagian dari nadi kehidupan masyarakat di Jorong Kuok III Koto, Nagari Matua Mudiak, Kec. Matur, Agam, Sumbar. Aktivitas seperti pengajian Jumat, Tahlilan, Yasinan, dan takziah adalah bentuk keyakinan beragama masyarakat; membentuk hubungan yang baik sesama manusia, dan hubungan baik dengan Zat Maha Pencipta kehidupan di alam ini.

RIRI MAYSAL LEGI

(Kader PKM LPPM Unand 2021)

Editor: Novi Yulia, M.Hum

Kato.id

Kegiatan keagamaan adalah bentuk kegiatan untuk mewujudkan insan yang berakhlak mulia, guna menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan, iman dan taqwa Kegiatan-kegiatan yang merupakan perbaikan pada citra masyarakat. Hal ini biasanya dalam berbagai bentuk kegiatan baik kegiatan formal maupun non-formal.

Tujuan kegiatan keagamaan adalah untuk bertaqwa kepada Allah, mempertebal keimanan, dan juga mempunyai hubungan dengan manusia dan Sang Pencipta. Kegiatan keagamaan yang terdapat dalam kehidupan masyarakat sangat banyak, kegiatan keagamaan di antaranya kegiatan rebana, tauziyah, pembacaan yassin, dan tahlil.

Kegiatan keagamaan dilaksanakan oleh masyarakat jorong kuok III Koto, Nagari Matua Mudiak, di antaranya majlis taklim, rebana, memperingati hari besar islam, takziah, serta menjenguk orang sakit. Kegiatan ini dilakukan terus-menerus dan dijadikan rutinitas bagi ibuk-ibuk. Salah satunya adalah mengikut pengajian yang dilaksanakan setiap hari Jumat pagi yang bertempat di masjid, dimulai pada jam 08.30 sampai dengan jam 12.00 wib, menjelang dilaksanakan shalat Jumat. Agenda kegiatan biasanya adalah pembacaan surat yasin, tahlilan  tausiyah, dan ditutup dengan doa. Sore harinya pengajian dilanjutkan pada sore hari kegiatan ini dilaksanakan selepas Ashar dari rumah ke rumah secara bergiliran.

Takziah dan menjenguk orang sakit dilakukan oleh jamaah atau masyarakat Jorong Kuok III Koto, jika ada salah seorang dari masyarakatnya yang meninggal atau yang sakit. Masyarakat akan pergi kemudian menjenguk dan mendoakannya.

Masyarakat sangat berharap dengan kegiatan keagamaan yang semakin meningkat, seluruh warga di Jorong Kuok III Koto selalu meningkatkan kegiatan keagamaan ini, dan mengikutsertakan generasi muda mereka, agar partisipasi pemuda dan pemudi  di Jorong Kuok III Koto dalam kegiatan keagamaan memberi mereka norma-norma agama sesuai dengan ketentuan Keislaman.

One thought on “Kegiatan Keagamaan di Jorong Kuok III Koto, Nagari Matua Mudiak, Kec. Matur, Agam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *